Anggota Dewasa dalam pengabdiannya dapat menjalankan tugas sebagai fungsionaris organisasi dan bukan fungsionaris organisasi.

A. Fungsionaris organisasi terdiri atas: Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, Pembina Profesional, Pamong Saka, Instruktur Saka, Pimpinan Saka, Pimpinan Sako, Andalan dan Pembantu Andalan, Anggota Majelis Pembimbing.

B. Bukan fungsionaris organisasi. Anggota Dewasa yang bukan fungsionaris organisasi dapat bergabung dalam gugus darma pramuka. Tugas dan tanggung jawab Anggota Dewasa sesuai dengan fungsinya sebagai berikut:

  1. Pembina Pramuka adalah Anggota Dewasa Gerakan Pramuka yang bertugas membina peserta didik di Gugusdepan.
  2. Pelatih Pembina Pramuka adalah Anggota Dewasa Gerakan Pramuka yang bertugas melatih Pembina Pramuka.
  3. Pamong Satuan Karya Pramuka adalah Anggota Dewasa Gerakan Pramuka yang bertugas mendidik peserta didik di Satuan Karya Pramuka.
  4. Instruktur Satuan Karya Pramuka adalah Anggota Dewasa Gerakan Pramuka atau orang dewasa yang memiliki keahlian dan keterampilan khusus kesakaan yang bertugas membantu Pamong Saka di Satuan Karya Pramuka.
  5. Pengurus Satuan Komunitas yaitu Pemimpin Satuan Organisasi Penyelenggara Pendidikan Kepramukaan yang berbasis profesi, aspirasi, atau agama.
  6. Andalan adalah seorang anggota dewasa yang memiliki kemampuan dan secara sukarela ikut membantu mengembangkan Gerakan Pramuka yang berkedudukan di Kwartir sebagai pimpinan kwartir dan anggota pengurus kwartir.
  7. Majelis Pembimbing adalah badan yang memberikan bimbingan dan bantuan moril, organisatoris, material, finansial, kepada Gugusdepan, Satuan Karya Pramuka, dan Kwartir sesuai tingkatan masing-masing.
  8. Pengurus Satuan Karya Pramuka disingkat Pinsaka adalah Badan kelengkapan kwartir yang bertugas memberi bimbingan organisatoris dan teknis kepada Saka serta memberikan bantuan fasilitas dan dukungan lainnya.
  9. Staf Kwartir adalah Karyawan yang bertugas sebagai pendukung teknis dan administrasi di kwartir.





FOTO : Ilustrasi | Presiden Joko Widodo berbincang dengan Ahmad Rusdi saat upacara pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Jumat (19/7/2019). Pramuka Indonesia akan terbang ke Virginia Barat untuk menghadiri Jambore Pramuka Dunia XXIV. (Liputan6.com/Angga) Yuniar)

Post a Comment

Previous Post Next Post